7 Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Properti Sewa

7 Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Properti Sewa

Sebenarnya untuk menerapkan tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa tidak rumit, akan tetapi membutuhkan beberapa strategi yang menguntungkan. Hal ini bertujuan agar properti Anda bisa menarik minat pasar.

Salah satu hal yang paling penting adalah kualitas karena sangat mempengaruhi kenyamanan serta keamanan penghuni rumah berikutnya. Beberapa tahun terakhir memang banyak orang yang menjadikan rumahnya untuk properti sewa.

Biasanya digunakan untuk kebutuhan syuting atau pemotretan serta kegiatan sejenis lainnya. Salah satu alasan mengapa orang mau menjadikan rumahnya properti sewa adalah untungnya besar. Jika Anda tertarik silahkan simak informasi selengkapnya di sini.

Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Properti Sewa

Orang yang biasanya memiliki lebih dari satu rumah akan menjadikan rumah tersebut sebagai tempat sewa karena selain mendapatkan banyak keuntungan, hal ini juga akan membuat rumah menjadi tetap bersih. Lalu bagaimana cara untuk mengubahnya menjadi properti sewa?

1. Memperhatikan Tingkat Kestrategisannya

Memperhatikan Tingkat Kestrategisannya

Tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa villa di Bali yang pertama adalah dengan memperhatikan tingkat kestrategisannya. Jika rumah Anda berada di tempat yang strategis maka akan lebih mudah untuk mendapatkan penyewa.

Selain itu akses jalannya yang mudah dan tidak sulit ditempuh menjadi nilai tambah. Penyewa akan merasa untung apabila ingin menyewa rumah Anda untuk dijadikan sebagai tempat pengambilan video. Pengambilan video ini memerlukan banyak peralatan seperti lighting, kamera dan sebagainya.

Lokasi yang strategis menjadi syarat utama jika Anda ingin mengubah rumah menjadi properti sewa. Hal ini juga berpengaruh pada harga yang nantinya akan diberikan. Akan tetapi jika rumah Anda berada di tempat yang sulit dicapai, akses jalannya berdebu, becek atau berbatu kemungkinan besar sulit laku.

Hal ini juga akan berpengaruh pada harga sewanya, penyewa akan membayar Anda dengan harga murah. Adapun solusinya untuk mendapatkan harga yang tetap stabil adalah dengan mengubah konsep atau desain dari rumahnya agar lebih lebih menarik.

2. Mencari Tim Pengelola

Mencari Tim Pengelola

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mencari tim pengelola rumah, jangan mengelolanya sendirian. Sebab untuk mengelola rumah membutuhkan banyak orang jadi agar hasilnya lebih maksimal Anda bisa bekerja dengan orang lain.

Tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa yang satu ini penting untuk diperhatikan karena mencari partner tidak bisa sembarangan. Anda bisa mengajak sahabat, keluarga atau pasangan untuk mengelola bersama.

Tetapi sebelum itu Anda juga harus mempertimbangkan berapa modal yang hendak dikeluarkan, apabila melebihi batas yang ditentukan Anda bisa membuat konsep ulang. Khawatirnya, jika mengelola sendiri Anda akan kebingungan untuk mengatur proses penyewaan.

3. Memperbarui Rumah Secara Rutin

Memperbarui Rumah Secara Rutin

Selain mencari partner yang bisa dipercaya untuk mengelola rumah, Anda juga bisa memperbarui rumah secara rutin. Sekarang kebutuhan penyewa sangat banyak dan beragam, jadi Anda harus mengetahui untuk kemudian disesuaikan.

Jika Anda melakukan pembaruan secara berkala maka ini bisa menjadi daya tarik agar lebih mudah mendapatkan penyewa. Selain itu dengan menerapkan tips ini maka persentase mengalami kerugian akan berkurang. Namun ada penyewa yang tidak melakukan tips ini dan rumahnya mengalami rusak parah.

Penting untuk melakukan pembaruan dengan membuat konsepnya terlebih dahulu, entah klasik atau modern. Untuk menambah nilai estetika, Anda bisa menanam tanaman di sekitar rumah atau menambah lokasi khusus untuk membuat taman.

Jika sudah demikian, Anda tinggal merawat dan menjaga tanaman agar tetap tumbuh subur. Carilah tanaman yang enak dipandang misalnya bunga-bungaan.

4. Memberikan Harga Promo

Memberikan Harga Promo

Tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa agar cepat laku adalah dengan memberikan harga promo kepada penyewa. Bidang ini menjadi bagian dari bisnis karena bisa memberikan keuntungan yang besar walaupun hanya satu kali sewa.

Akan tetapi karena sudah banyak orang yang menyewakan properti, Anda harus menentukan strategi yang tepat untuk mendapatkan klien. Salah satu caranya adalah dengan memberikan harga promo yang menarik. Anda bisa memasang iklan di sosial media sebagai salah satu bentuk pemasaran digital.

Potongan harga, penawaran menarik dan promo adalah hal yang disukai semua orang. Hal ini terbukti mampu untuk meningkatkan daya tarik klien agar mau menyewa properti Anda. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam memberikan promo.

Anda bisa mulai menyusun konsep seperti penggunaan gaya bahasa yang menarik, pemilihan waktu untuk memulai kegiatan promosi dan berapa durasinya. Jika konsepnya sudah ditentukan Anda bisa mulai memasang iklan.

5. Menentukan Biaya Sewa

Menentukan Biaya Sewa

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting yaitu menentukan biaya sewa agar Anda tidak mengalami kerugian. Apa pertimbangan yang menentukan harga sewa properti? Biaya perbaikan rumah, biaya pemeliharaan, hipotek, biaya kebutuhan di masa mendatang dan sebagainya.

Jika Anda ingin sekaligus menyewakan perabotan rumah maka Anda bisa memasukkan biaya kerusakan dan perbaikannya baru setelah itu akan menentukan berapa biaya sewanya. Anda bisa melihat harga properti lainnya di pasar sebagai bahan referensi.

Cara untuk menentukan biaya sewa adalah dengan menghitung cap rate dari properti Anda. Cap rate adalah tingkat kapitalisasi dengan cara membagi biaya bersih penghasilan operasional dengan harga pembelian rumah.

Anda juga bisa menggunakan rumus tarif sewa (rupiah/tahun) = nilai properti (rupiah) x (capitalization rate (%). Ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menentukan harga sewa yaitu dengan melihat harga di pasaran.

Apabila Anda memasang properti serupa maka Anda bisa mencari referensi harga di iklan-iklan internet. Selain itu Anda bisa mulai mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari properti yang disewakan agar Anda bisa menyesuaikannya. Semakin bagus properti maka semakin mudah mendapatkan penyewa.

6. Mengurus Izin

Mengurus Izin

Tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa yang sangat penting adalah mengurus surat perizinan. Di beberapa tempat surat izinnya itu berbeda-beda, akan tetapi di beberapa tempat ada beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen tersebut berupa bukti pelunasan pajak, IMB, NPWP, KTP dan surat izin lainnya. Anda harus mengurusnya agar mendapatkan tanda legalitas dari pemerintah, dokumen-dokumen tersebut sangat penting untuk terhindar dari masalah di kemudian hari.

7. Membuat Aturan yang Jelas

Membuat Aturan yang Jelas

Setelah mengurus perizinan dan merenovasi rumah, langkah berikutnya adalah membuat aturan yang jelas. Aturan ini berlaku untuk dipatuhi oleh penyewa karena setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Terapkan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menyewa rumah.

Selain itu manfaat adanya aturan yang jelas akan melindungi rumah Anda dari kerusakan parah. Akan tetapi jika penyewa melanggar aturan tersebut maka sebagai pemilik Anda berhak untuk memberikannya sanksi. Aturan ini sebaiknya Anda beritahu kepada penyewa setelah melakukan konfirmasi penyewaan.

Tips mengubah rumah Anda menjadi properti sewa ternyata tidak terlalu sulit apabila Anda sudah mengetahui bagaimana tips-tipsnya. Pastikan juga harga yang ditentukan untuk menyewa tidak lebih mahal dari harga di pasaran.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis