Penjelasan Lengkap Mengenai BI Checking Terbaru

Di Indonesia ketika kamu mengajukan kredit baik untuk kendaraan bermotor, kartu kredit, kredit pemilikan rumah (KPR) salah satu syaratnya adalah lolos BI Checking (pengecekan data debitur).

Untuk prosedur pengecekan data nasabah ini juga selain menjadi persyaratan pengajuan kredit perbankan, hal ini juga diperlukan untuk lembaga keuangan lainnya.

Apa itu BI Checking?

BI Checking merupakan layanan penyedia informasi terkait riwayat kredit seorang debitur, yang datanya sendiri berasal dari data nasabah perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

Dengan menggunakan proses ini seseorang akan mendapatkan laporan mengenai riwayat peminjaman uang dan lancar atau tidaknya pembayaran kredit seseorang.

Semua informasi mulai dari identitas debitur baik perorangan atau badan usaha, jumlah kredit yang diterima, histori pembayaran cicilan sampai telat atau tidak terbayarnya suatu kredit

Semua informasi nasabah dikumpulkan pada sistem yang namanya Biro Informasi Kredit (BIK). Dimana perbankan dan lembaga keuangan yang menjadi anggota BIK memberikan seluruh informasi nasabah, termasuk BI Checking.

Anggota BIK dapat mengakses seluruh data yang terdapat pada sistem BIK tersebut yang diupdate setiap bulannya oleh seluruh anggota.

Saat ini, proses pengecekan informasi data debitur sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau kependekan dari SLIK.

Hal ini karena fungsi lembaga pengawasan perbankan tidak lagi ada dibawah Bank Indonesia melainkan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pada SLIK sendiri, layanan informasi nasabah disebut dengan layanan informasi Debitur (iDEB). Sama seperti sebelumnya iDEB berperan seperti Biro Informasi Kredit, mengumpulkan informasi dan memberikan akses data ke anggota.

Informasi pada SLIK ini dapat diakses 24 jam oleh setiap anggota asal terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit.

Informasi yang Terdapat Pada BI Checking

Data atau Informasi Debitur pada BI Checking
Gambar dari Pixabay

Pada laman resmi Bank Indonesia, menyebutkan bahwa Informasi Debitur Individual (IDI) menyimpan beberapa data, seperti:

  1. Identitas Peminjam
  2. Fasilitas Pembiayaan yang Diterima
  3. Agunan atau Jaminan
  4. Penjamin
  5. dan Kolektibilitas

Pada poin terakhir, kolektibilitas merupakan informasi skor kredit nasabah yang pernah menerima kredit atau pembiayaan berdasarkan catatan kreditnya.

Skor kredit ini dapat dilihat dari kolektibilitas calon pengambil kredit. Terdapat skor kredit 1-5, yang memiliki arti berbeda-beda.

Rincian Skor Kredit berdasarkan BI Checking

Skor Kredit Setelah Melakukan BI Checking
Gambar dari Pixabay

Pada saat melakukan pengajuan kredit, maka calon penerima pembiayaan akan dilihat Skor Kredit (Kolektibilitas). Hal ini menjadi acuan diterima atau tidaknya suatu pengajuan pembiayaan. Berikut merupakan penjelasan terkait rincian skor kredit, antara lain:

  • Skor Kredit 1 (KOL 1)

Angka 1 menunjukan bahwa kredit yang kamu ambil sebelumnya berjalan lancar atau tanpa tunggakan. Yang artinya kamu membayar kredit tanpa tunggakan sampai lunas.

  • Skor Kredit 2 (KOL 2)

Berbeda dengan kol 1, untuk kol 2 memiliki pengertian memerlukan perhatian khusus. Biasanya menunggak cicilan mulai dari 1 sampai 90 hari.

  • Skor Kredit 3 (KOL 3)

Jika kamu mendapatkan KOL 3, maka kamu termasuk ke dalam debitur yang tidak lancar. Perhitungannya dimulai dari hari ke 90 sampai 120 hari.

  • Skor Kredit 4 (KOL 4)

Sedangkan, apabila kamu mendapatkan KOL 4, itu artinya kamu termasuk ke dalam debitur yang diragukan untuk mendapatkan pembiayaan berikutnya. Perhitungan KOL 4 dimulai dari hari ke 120 sampai 180 hari.

  • Skor Kredit 5 (KOL )

Terakhir, ketika kamu mendapatkan nilai KOL 5 pada saat mengajukan SLIK. Artinya kamu termasuk ke dalam debitur yang macet. KOL 5 berarti kamu menunggak cicilan lebih dari 180 hari atau 6 bulan.

Apabila kamu ketika melakukan SLIK mendapatkan skor 1 sampai 2, maka kemungkinan kamu mendapatkan pembiayaan akan semakin besar.

Sedangkan apabila kamu mendapatkan skor 3 sampai 5 biasanya akan sulit mendapatkan pembiayaan karena masuk ke dalam blacklist penerima pembiayaan atau kredit.

Hal ini dilakukan oleh Bank atau lembaga keuangan lainnya karena untuk mengurangi risiko pinjaman tidak kembali serta menjaga nilai kredit bermasalah atau istilah lainnya Non Performing Loan (NPL) agar tetap kecil.

Nilai kredit bermasalah atau Non Performing Loan, merupakan indikator mengukur kesehatan suatu perbankan atau lembaga keuangan lainnya di bidang pelayanan pemberian kredit.

Dengan nilai NPL tinggi, artinya Bank memiliki modal yang berkurang dan akan berimbas pada saat memberikan kredit di masa depan.

Untuk Lembaga Keuangan dan Perbankan sendiri, debitur yang paling disukai adalah yang memiliki skor kredit 1.

Sementara untuk skor kredit 2 biasanya masih banyak pertimbangan, karena sewaktu-waktu dikhatirkan menunggak dan berdampak pada nilai NPL Bank.

Cara Melihat BI Checking

Saat ini proses mendapatkan informasi debitur disebut dengan SLIK, semua data yang ada pada sistem tersebut merupakan informasi dan data riwayat pinjaman calon debitur.

Jika, kamu ingin melakukan pengecekan SLIK, maka bisa datang ke kantor OJK untuk meminta informasi tersebut. Layanan SLIK ini sendiri merupakan layanan gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

Untuk prosedurnya sendiri pada saat mengajukan SLIK adalah sebagai berikut:

Prosedur Mengajukan BI Checking Offline

  • Datang ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan terdekat di kota kamu.
  • Kemudian Isi Formulir Permohonan SLIK
  • Setelah itu siapkan beberapa dokumen, antara lain:
    • Kartu Identitas (KTP atau Paspor)
    • Kartu Identitas Badan Usaha untuk Perusahaan beserta identitas asli pengurus dan badan usaha
  • Jika dokumen dinyatakan lengkap, maka petugas Otoritas Jasa Keuangan akan melakukan pencetakan hasil iDEB.

Cara melihat BI checking secara online

  • Buka webiste OJK, untuk permohonan SLIK https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan dan mengambil nomor antrian
  • Mengupload dokumen yang diperlukan sama seperti offline, antaralain:
    • Kartu Identitas (KTP atau Paspor)
    • Kartu Identitas Badan Usaha
    • NPWP
    • Akta Pendirian Perusahaan untuk Badan Usaha
  • Apabila kamu telah melakukan semuanya maka klik tombol kirim
  • Kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari OJK, yang berisikan bukti registrasi antrean SLIK online
  • Petugas Otoritas Jasa Keuangan akan melakukan verifikasi data. Biasanya H-2 dari tanggal antrian sudah selesai dan pemohon akan menerima pemberitahuan
  • Jika data yang diberikan sudah benar, maka pemohon harus mencetak formulir dan menandatanganinya.
  • Scan Formulir yang sudah ditandatangani
  • Kemudian kirimkan hasil scan ke nomor Whatsapp yang tertera di Email dan foto selfie bersama KTP
  • Setelah itu akan ada petugas dari OJK melakukan verifikasi lanjutan via Whatsapp dan jika diperlukan maka petugas OJK akan melakukan video call
  • Hasil SLIK akan dikirim melalui email, jika nasabah tersebut lolos verifikasi

Membersihkan Nilai Skor Kredit Rendah

Ketika kamu memiliki skor kredit 3 keatas maka akan mengganggu pengajuan kredit atau pembiayaan baru yang kamu ajukan. Namun, skor kredit tersebut dapat dihapuskan dengan beberapa cara yaitu:

  • Melunasi cicilan tau hutang yang tertunggak diseluruh perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Apabila kamu memaksa mengajukan pinjaman baru maka dipastikan pengajuan kamu ditolak.
  • Setelah melakukan pelunasan, cobalah ajukan permohonan SLIK untuk melihat skor kredit. Apabila masih jelek kamu bisa melakukan komplain ke bank dimana kamu melakukan pinjaman sebelumnya.
  • Ketika skor kredit tidak kunjung membaik, bawalah surat klarifikasi dari Bank sebelumnya kamu pinjam ke OJK yang menyatakan telah melunasi tunggakan. Lalu tunggulah sampai skor kredit kamu benar-benar bersih.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis