18 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Mudah

Semut bisa menjadi salah satu masalah yang bisa kamu temukn di rumah. Pada artikel ini akan membahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir semut dari rumah.

Penyebab Semut Berkumpul di Rumah

Ada beberapa alasan mengapa semut mungkin berkumpul di rumah. Salah satu kemungkinannya adalah mereka tertarik pada makanan yang kamu simpan di sana.

Kemungkinan lainnya adalah mereka mencari air. Semut juga tertarik pada tempat-tempat yang hangat, jadi jika rumah sangat hangat, itu bisa menjadi alasan lain mengapa mereka berkumpul di sana.

Bahan-bahan alami yang dapat mengusir semut dari rumah

Ada sejumlah bahan alami yang dapat menghilangkan semut dari rumah Anda. Beberapa di antaranya termasuk:

  1. Kayu Manis
  2. Peppermint
  3. Kulit Jeruk
  4. Cuka
  5. dan lain sebagainya

Cara dan tips mengusir semut di rumah

Berikut adalah beberapa cara dan tips mengusir semut di rumah, antara lain:

1. Kayu manis untuk mengusir semut

kayu manis untuk mengusir semut dari rumah

Kayu manis adalah cara yang bagus untuk menghilangkan semut dari rumah kamu. Semut tertarik pada bau manis, tetapi semut akan menghindari area di mana ada kayu manis karena tidak menyukainya.

Cukup taburkan beberapa kayu manis di sekeliling rumah atau di area mana pun di mana kamu melihat semut dan mereka akan segera pergi.

2. Peppermint untuk mengusir semut dari rumah

Seperti kayu manis, peppermint juga tidak disukai semut. Kamu dapat menanam tanaman peppermint di sekitar rumah kamu. Alternatif lain, menempatkan beberapa tetes minyak esensial peppermint pada bola kapas dan tempat-tempat yang sering dikunjungi semut.

3. Kulit jeruk untuk mengusir semut

kulit jeruk untuk mengusir semut dari rumah

Aroma kuat buah jeruk juga dapat mengusir semut. Cukup letakkan beberapa kulit dari buah-buahan ini di dekat area di mana semut cenderung memasuki rumah.

4. Cuka untuk mengusir semut dari rumah

Campurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot dan gunakan untuk menyemprot area di mana semut berada. Sifat asam dari cuka akan membunuh semut saat mengenainya.

5. Lada hitam atau lada merah untuk mengusir semut

lada hitam untuk mengusir semut dari rumah

Lada hitam dan lada merah dapat digunakan untuk menghilangkan semut dari rumah. Taburkan sebaris lada di sekeliling rumah, atau di mana pun semut masuk. Semut-semut tidak akan melewati lada dan akan dipaksa untuk mencari jalan lain masuk ke dalam rumah.

6. Bubuk cabai rawit untuk mengusir semut

Jika kamu mencari cara alami untuk menghilangkan semut dari rumah, bubuk cabai rawit mungkin jawabannya. Cukup taburkan sebaris bubuk di dekat titik masuk dan di mana pun melihat semut berjalan. Bau dan rasa yang kuat akan menghalangi mereka masuk ke dalam.

7. Air Lemon untuk mengusir semut dari rumah

air lemon untuk mengusir semut

Air lemon adalah cara yang bagus untuk menghilangkan semut dari rumah. Cukup campurkan air dan jus lemon dengan perbandingan yang sama ke dalam botol semprot di area mana pun di mana kamu melihat semut. Aroma lemon akan mengusir semut dan mencegah mereka datang kembali.

8. Minyak kayu putih untuk mengusir semut

Minyak kayu putih adalah cara yang efektif untuk menghilangkan semut dari rumah. Cukup oleskan minyak ke kusen pintu, kusen jendela, dan titik masuk lainnya ke dalam rumah. Bau dari minyak kayu putih dapat menghilangkan semut dan tidak membiarkan semut masuk ke dalam rumah.

9. Teh Kayu Manis untuk mengusir semut

Untuk mengusir semut dari rumah, cobalah membuat teh kayu manis. Rebus air dan tambahkan beberapa batang kayu manis. Biarkan teh terendam selama 30 menit, lalu buang batang kayu manis. Tuangkan teh ke dalam botol semprot dan semprotkan di sekitar jendela dan pintu kamu.

10. Jahe lemon untuk mengusir semut

Taburkan beberapa lemon dan jahe di sekitar area di rumah, dan dimana kamu pikir semut mungkin akan masuk. Aroma lemon dan jahe yang kuat akan menghalangi mereka dan menjauhkan mereka.

11. Bubuk kopi untuk mengusir semut

bubuk kopi untuk mengusir semut

Ampas kopi atau bubuk kopi dapat membantu. Semut tidak suka pada bau kopi, jadi jika kamu menyebarkan bubuk kopi di sekitar rumah, mereka akan tertarik dan menjauh dari tempat tinggal.

12. Tepung maizena untuk mengusir semut

Untuk mencegah semut masuk ke dalam rumah, campurkan tepung maizena dan gula dengan perbandingan yang sama, lalu taburkan di sekitar bagian luar rumah agar semut tidak lagi beraa di dalam rumah.

Pastikan juga kamu menaruh campuran gula dan tepung maizena pada suatu alas, agar apabila semut berkumpul kamu akan mudah untuk membereskan semut.

13. Boraks untuk mengusir semut dari rumah

Untuk menghilangkan semut dari rumah, campurkan boraks dan gula dengan perbandingan yang sama, lalu letakkan campuran tersebut di piring. Letakkan piring tersebut di dekat tempat kamu melihat banyak semut. Semut-semut akan tertarik pada gula dan akan membawa boraks kembali ke sarang mereka, yang akan membunuh koloni.

14. Pakai kapur anti serangga untuk mengusir semut

Kapur pengusir serangga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan semut dari rumah. Cukup buat garis di sekeliling rumah dengan kapur anti serangga dan semut akan menjauh.

14. Tepung terigu untuk mengusir semut dari rumah

Untuk menghilangkan semut dari rumah, campurkan tepung terigu dan gula dengan perbandingan yang sama. Tempatkan campuran tersebut dalam satu garis di tanah dekat tempat yang menurut semut-semut itu masuk.

Semut-semut akan tertarik pada gula dan memakan tepung terigu saat mereka menyeberang, yang akan membunuh mereka.

15. Bersihkan Sumber Makanan Semut untuk mengusir semut

Salah satu cara untuk mengusir semut adalah dengan membersihkan sumber makanan mereka. Hal ini berarti membuang tumpahan atau remah-remah makanan, dan menutup semua makanan yang ditinggalkan.

16. Bersihkan Perabotan untuk mengusir semut

Salah satu cara untuk membantu mengusir semut adalah dengan membersihkan furnitur secara teratur. Ini akan menghilangkan makanan atau zat lain yang mungkin menarik mereka. Kamu dapat menggunakan penyedot debu atau kain lembab untuk menyeka permukaan.

17. Gunakan Pestisida Khusus untuk mengusir semut

Ada pestisida khusus yang dapat digunakan untuk menghilangkan semut dari rumah. Pestisida ini biasanya berbentuk semprotan atau bubuk dan dapat ditemukan di sebagian besar peralatan rumah tangga.

Pastikan untuk membaca label dengan seksama sebelum menggunakan pestisida apapun, karena beberapa pestisida dapat berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan jika digunakan secara tidak benar.

18. Daun sirih untuk mengusir semut dari rumah

Untuk menghilangkan semut dari rumah Anda, letakkan beberapa lembar daun sirih di sekeliling ruangan. Bau daun yang kuat akan menghalangi semut untuk masuk.

Tips Mencegah semut berkeliaran di rumah

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah semut berkeliaran di rumah, antara lain:

  1. Jaga dapur tetap bersih dan bebas dari remah-remah makanan. Segera bersihkan tumpahan makanan dan jangan tinggalkan piring kotor di wastafel.
  2. Simpan makanan dalam wadah kedap udara dan tutup rapat saat tidak digunakan.
  3. Buanglah sampah secara teratur dan jangan biarkan kantong sampah disimpan dalam rumah.
  4. Periksa rumah kamu apakah ada retakan atau celah di mana semut bisa masuk dan tutuplah dengan dempul atau sealant lainnya.
  5. Gunakan umpan atau perangkap semut untuk memancing semut menjauh dari area di mana mereka aktif.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis