7+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana

Ada banyak jenis desain rumah minimalis sederhana, tetapi umumnya rumah minimalis dirancang dengan denah dan furnitur yang sederhana.

Dalam desain rumah minimalis biasanya memiliki denah terbuka atau open space, dan jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan dan membuat rumah terasa lapang.

Apa itu Desain Rumah Minimalis Sederhana?

Desain rumah minimalis adalah desain yang rapih untuk rumah, biasanya hanya memiliki sedikit furnitur yang dipilih berdasarkan fungsinya.

Rumah dengan gaya minimalis saat ini menjadi salah satu pilihan terpopuler baik di kalangan konsumen rumah atau pun developer perumahan.

Gaya minimalis sering dikaitkan dengan estetika yang lebih modern, tetapi dapat diterapkan juga pada gaya rumah tradisional. Terlepas dari gaya spesifiknya, minimalis adalah tentang menciptakan ruang yang rapi, bersih dan tentang fungsionalitas.

Ciri-Ciri Desain Rumah Minimalis Sederhana

Umumnya desain rumah minimalis sederhana memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Warna Netral

Gaya minimalis memiliki keunikan tersendiri pada warnanya, umumnya warna yang digunakan adalah warna-warna netral atau hanya memilih 2 sampai 3 warna saja untuk satu ruangan.

Misalkan, untuk kamar tidur, kamu bisa membuat warna catnya putih dengan furnitur atau sprei warna yang lebih gelap seperti biru, hitam, coklat dan lain sebagainya.

  1. Pemilihan Furnitur Berdasarkan Fungsi

Rumah minimalis biasanya akan memaksimalkan ruang yang ada, baik itu luas atau pun sempit. Maka pemilihan furnitur pun dilihat berdasarkan fungsinya dan hal ini juga membuat ruangan lebih rapih dan bersih.

  1. Pencahayaan Ruangan yang Baik

Jendela besar menjadi salah satu karakteristik dari rumah minimalis, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pencahayaan yang ada di ruangan. Hal ini bisa menjadi keuntungan buat kamu tidak menyalakan lampu pada siang hari dan dapat menghemat listrik.

  1. Ventilasi dan Sirkulasi Udara yang Baik

Rumah dengan desain minimalis biasanya memiliki konsep ruang terbuka jadi tidak ada pemisah antar ruangan. Misalkan, tidak ada sekat antara dapur dan ruang tamu.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana

Berikut beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam desain rumah minimalis sederhana, antara lain:

1. Rumah Dua Lantai Berbentuk Kotak 

Rumah 2 Laintai Berbentuk Kotak

Desain minimalis pertama yang bisa kamu terapkan adalah rumah dengan bentuk kotak. Pada contoh kali ini diterapkan pada rumah dua lantai.

Dengan desain ini kamu akan lebih mudah untuk membagi ruangan yang ada di rumah kamu.

2. Memadukan Bentuk Geometri

Rumah dengan Berbagai Macam Geometri

Selanjutnya ide rumah minimalis adalah kamu bisa membuat rumah dengan memadu padankan bentuk geometri seperti garis lurus dan garis miring.

Kamu juga bisa menambahkan warna cat depan yang simple, seperti warna putih atau krem yang membuat kesan minimalis lebih terasa. 

3. Memilih Dinding Kaca 

Rumah dengan Dinding Kaca

Seperti yang telah dituliskan rumah desain minimalis biasanya memiliki pencahayaan yang baik. Salah satu alasannya adalah rumah mememiliki jendela yang besar atau dinding dengan kaca.

Kamu juga bisa mengganti atap dengan beberapa kaca agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

4. Desain Sederhana Seperti Gambar Anak-Anak 

Desain Rumah Minimalis Sederhana seperti Gambar Anak

Pada contoh berikutnya desain rumah minimalis akan terlihat seperti gambar yang dibuat oleh anak-anak.

Akan tetapi, dengan memiliki desain tersebut membuat desain rumah lebih menarik  tetapi tidak meninggalkan kesan elegan.

5. Rumah dengan Atap Beton Tidak Simetris 

Rumah dengan Atap Beton Tidak Simetris 

Desain rumah selanjutnya adalah rumah dengan atap beton yang tidak simetris. Hal ini akan membuat rumah kamu lebih menonjol dibandingkan dengan rumah-rumah pada umumnya.

Selain itu, desain yang tidak simetris memberikan kesan kontemporer dan tidak meninggalkan kesan minimalisnya.

6. Desain Rumah yang Simpel 

Rumah Desain Simpel

Desain rumah minimalis sederhana lainnya adalah desain rumah dengan bentuk persegi. Hal ini akan membuat rumah kamu terlihat lebih simpel dan terkesan minimalis.

Pada gambar contoh, terdapat secondary skin yang terdapat di depan rumah. Hal tersebut membuat privasi penghuni lebih terjaga, sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang bagus serta membuat rumah terlihat lebih menarik.

7. Rumah dengan Desain Kontemporer Minimalis

Rumah Desain Kontemporer dan Minimalis

Desain rumah minimalis sederhana lainnya adalah menggabungkan desain kontemporer dengan desain minimalis.

Pada gambar tersebut kamu bisa melihat rumah dengan desain kontemporer memadukan material seperti kayu, beton pada dinding rumah.

Tekstur yang terdapat pada dinding eksterior juga membuat kesan rumah lebih keren dan modern.

8. Rumah Kecil Dengan Dinding Roster

Terakhir, apabila kamu memiliki budget yang kecil kamu bisa membuat model rumah yang tetap sederhana tetapi tetap cantik.

Rumah Kecil Dengan Dinding Roster

Contohnya, pada rumah diatas desain terlihat sederhana namun terlihat elegan. Ditambah dengan pagar dan dinding berupa roster bisa menjadi piihan, apabila rumah berada di jalan raya yang ramai.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Dimana Website Untuk Mencari Desain Rumah Minimalis Sederhana?

Ada banyak sekali website yang bisa memberikan kamu ide atau inspirasi rumah minimalis. Kamu bisa mencarinya di google atau membuka beberapa situs website seperti pinterest, instagram, houzz, freshhome dan Home Desaigning.

2. Bagaimana Memaksimalkan Luas Lahan yang Sempit?

Pemilihan desain minimalis biasanya dikarenakan tidak memiliki luas lahan yang luas. Dengan menggunakan konsep minimalis diharapkan rumah dengan luas yang sempit dapat terlihat lebih lega dan lapang.

Ketika memiliki lahan yang sempit ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan susana lapang dan luas, antara lain:

  • Menanam Pohon

Cara agar rumah terlihat lapang, kamu bisa menanam pohon tinggi di taman depan rumah. Hal ini akan membuat halaman kamu terlihat lebih besar dan juga memberikan privasi.

  • Membuat Level Berbeda antar Ruangan

Kamu bisa membuat ruangan dengan level atau ketinggian yang berbeda. Misalkan untuk beberapa ruangan di buat agar lebih rendah dibandingkan dengan ruangan lain. Hal ini akan memberikan ruang yang lebih dan membuatnya lebih menarik.

  • Memanfaatkan Ruang dengan Furnitur Vertikal

Kamu bisa menggunakan beberapa firnitur vertikal agar tidak memakan tempat pada suatu ruangan. Misalkan, dengan rak, pot gantung, atau teralis yang digunakan untuk meletakan barang dan lain sebagainya.

3. Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membangun Rumah Desain Minimalis?

Sebelum membangun rumah dengan desain minimalis sederhana, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, antara lain:

  • Menentukan Konsep

Sebelum memikirkan bahan apa yang diperlukan dan memilih furnitur, ada baiknya kamu mulai memikirkan konsep terlebih dahulu. Hal tersebut nantinya akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan langkah selanjutnya seperti material rumah dan memilih furnitur.

  • Menentukan Bahan Material Rumah

Biasanya material yang digunakan rumah minimalis adalah bahan-bahan alami seperti kayu, batu dan kaca. Ketiga hal tersebut membuat rumah terkesan sederhana dan bersih.

  • Memilih Furnitur Sesuai fungsi

Untuk melengkapi rumah minimalis, pilihlah furitur dan perabot yang fungsional dengan memperhatikan besar kecilnya perabot tersebut.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Referensi:

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis