26 Cara Mudah Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Tikus merupakan salah satu masalah yang serius yang berada dirumah, karena tikus bisa menjadi hama, merusak furniture dan membawa penyakit. Maka dari itu pada artikel ini akan membahas cara mengusir tikus yang membandel di rumah.

Mengapa Banyak Tikus di Dalam Rumah?

Cara Mengusir Tikus Membandel di Rumah

Alasan yang paling mungkin mengapa ada tikus di dalam rumah adalah karena ada sumber makanan yang bisa mereka akses. Ini bisa berupa remah-remah di lantai, makanan hewan peliharaan yang ditinggalkan, atau bahkan sampah yang belum dibuang dengan benar.

Jika ada sumber makanan, tikus akan tertarik padanya dan akan tinggal di rumah. Tikus juga tertarik pada kehangatan, jadi jika ada retakan atau lubang di dinding atau fondasi, mereka mungkin masuk dari luar.

Begitu mereka berada di dalam, mereka dapat bereproduksi dengan cepat dan tidak lama kemudian mungkin ada puluhan tikus di dalam rumah.

Apa saja penyakit yang disebarkan oleh tikus?

Penyakit yang dapat disebarkan tikus kepada manusia, antara lain:

  1. Salmonella
  2. Demam gigitan tikus
  3. Leptospirosis
  4. Sindrom Paru Hantavirus (HPS)
  5. Wabah

Bagaimana cara mengusir tikus di rumah?

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengusir tikus di rumah, antara lain:

1. Gunakan Lada hitam untuk Mengusir Tikus

Jika memiliki masalah dengan tikus, kamu dapat mencoba menggunakan lada hitam untuk mengusirnya. Cukup taburkan lada hitam di sekitar area di mana kamu melihat tikus atau di mana mereka cenderung memasuki rumah. Tikus akan mencium bau lada dan memutuskan untuk pergi ke tempat lain.

2. Letakkan bawang bombai untuk Mengusir Tikus

Bawang bombay adalah cara yang bagus untuk mengusir tikus. Tikus tidak menyukai bau bawang, jadi menempatkan bawang di sekitar rumah kamu akan membantu menjauhkan mereka dari rumah kamu.

3. Semprot minyak kayu putih untuk Mengusir Tikus

Minyak kayu putih adalah pengusir tikus alami. Cukup campurkan minyak kayu putih dengan air dalam botol semprot di sekitar area di mana tikus berada. Aroma kayu putih yang kuat dan akan menjauhkan tikus.

4. Gunakan perangkap tikus

Cara Mudah Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah dengan Perangkap Tikus

Jika memiliki masalah tikus di rumah, salah satu cara untuk menyingkirkannya adalah dengan memasang perangkap tikus. Perangkap tikus adalah perangkat yang dirancang untuk menangkap tikus, dan bisa mematikan atau tidak mematikan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan perangkap tikus, pastikan untuk menempatkannya di area di mana tikus aktif, seperti di dekat sumber makanan atau di area di mana terdapat bukti aktivitas tikus.

5. Bersihkan rumah secara menyeluruh untuk mengusir tikus

Jika Anda ingin mengusir tikus, kamu perlu membersihkan rumah secara menyeluruh. Tikus tertarik pada makanan dan air, jadi pastikan tidak ada makanan atau air yang tersedia untuk mereka.

6. Pakai minyak esensial untuk Mengusir Tikus

Ada beberapa cara berbeda yang dapat kamu gunakan untuk menggunakan minyak esensial untuk mengusir tikus. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak ke beberapa bola kapas dan letakkan di sekitar area yang menurut kamu tikus masuk.

kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak ke kantong penyedot debu untuk membantu menjauhkan mereka. Jika kamu memiliki pengusir tikus elektronik, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam penampungan air untuk membantu menjauhkan mereka.

7. Pakai kulit durian untuk mengusir tikus

Tikus adalah masalah umum di banyak rumah. Meskipun ada sejumlah cara untuk membasmi mereka, salah satu metode yang konvensional adalah dengan menggunakan kulit durian.

Durian adalah jenis buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini dikenal karena baunya yang kuat, yang bagi sebagian orang dianggap tidak menyenangkan. Namun, kualitas yang sama ini dapat digunakan untuk mengusir tikus.

Aroma durian dikatakan sangat kuat sehingga dapat mengusir tikus. Untuk menggunakan metode ini, cukup letakkan beberapa kulit durian di area di mana kamu pernah melihat tikus atau di mana mereka memasuki rumah Anda.

Meskipun ini mungkin bukan cara yang paling menyenangkan untuk mencegah tikus, namun cara ini tentu saja efektif. Jika kamu memiliki masalah tikus, cobalah cara ini!

8. Periksa rumah untuk mengusir tikus

Untuk mengusir tikus dari rumah, mulailah dengan melakukan pembersihan menyeluruh untuk menghilangkan sumber makanan yang mungkin membuat mereka tertarik.

Kemudian, tutup semua retakan atau lubang di dinding dan lantai yang bisa memberi mereka akses ke rumah kamu. Selanjutnya, pasang perangkap tikus atau gunakan perangkat pengusir sonik untuk menjauhkan mereka.

Terakhir, jaga halaman kamu bebas dari puing-puing dan pangkas pohon atau semak-semak yang dekat dengan rumah kamu, karena tikus dapat menggunakannya sebagai jembatan untuk masuk ke dalam.

9. Taburkan merica untuk mengusir tikus

Jika kamu memiliki masalah tikus, bisa mencoba menaburkan merica di sekitar rumah kamu. Tikus tidak menyukai bau merica, sehingga dapat membantu menjauhkan mereka.

10. Pakai bubuk kopi untuk mengusir tikus

Jika kamu mencari cara alami untuk mengusir tikus, bisa mencoba menggunakan bubuk kopi. Tikus tidak menyukai bau kopi yang kuat, jadi menempatkan bubuk kopi di daerah di mana tikus menjadi masalah dapat membantu menjauh.

11. Aroma cengkih untuk mengusir tikus

Cengkeh adalah rempah-rempah yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Aroma cengkeh yang kuat tidak menyenangkan bagi tikus dan akan menjauhkan mereka dari area di mana rempah-rempah itu ada. Cengkeh dapat disebarkan di sekitar ruangan atau ditempatkan dalam sachet untuk mencegah tikus.

12. Aroma peppermint untuk mengusir tikus

Aroma peppermint dikenal dapat mengusir tikus. Minyak peppermint dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengusir tikus dari rumah kamu.

13. Manfaatkan Kucing Peliharaan untuk mengusir tikus

Cara Mudah Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah dengan Kucing Peliharaan

Salah satu cara untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara kucing peliharaan. Tikus takut pada kucing dan akan menjauh jika mereka merasa ada kucing.

14. Beri Larutan Cabai untuk mengusir tikus

Jika memiliki masalah dengan tikus di rumah, kamu dapat mencoba menggunakan cabai sebagai pengusir alami. Perlu kamu lakukan adalah membuat larutan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, lalu tambahkan beberapa cabai yang dihancurkan ke dalamnya.

Kamu dapat menggunakan larutan ini untuk menyemprot di sekitar area yang menurut kamu tikus berlalu lalang dan memasuki rumah kamu.

15. Bersihkan Area yang Sering Disinggahi untuk mengusir tikus

Kebersihan adalah salah satu cara terbaik untuk mengusir tikus. Dengan menjaga tempat tinggal bersih dan bebas dari sisa-sisa makanan, kamu membuat tikus tidak akan terlalu sering masuk ke rumah kamu untuk mencari makanan.

Selain itu, pembersihan secara teratur membantu menghilangkan tempat persembunyian potensial bagi tikus, sehingga kecil kemungkinan mereka akan tetap tinggal meskipun mereka berhasil masuk ke dalam.

16. Beri Buah Mengkudu untuk mengusir tikus

Jika kamu memiliki masalah tikus, cobalah memberi mereka buah mengkudu. Tikus tidak menyukai bau mengkudu, sehingga mereka akan menjauh dari area yang ada buah mengkudu.

Kamu dapat menempatkan buah mengkudu di sekitar rumah atau membuat semprotan pengusir tikus dengan mencampurkan air dan jus mengkudu dalam botol semprot.

17. Usir tikus dari sarang utamanya

Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mencegah tikus mengambil alih rumah adalah mencegah mereka masuk ke dalam rumah.

Menyegel setiap retakan atau lubang di bagian luar rumah adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini. Kamu juga dapat menggunakan perangkap tikus atau racun tikus untuk menjauhkan mereka dari rumah.

18. Beri Kamper yang sudah Dihaluskan untuk mengusir tikus

Salah satu cara untuk mencoba menyingkirkan tikus adalah dengan menggunakan kapur barus yang dihancurkan. Kamu bisa menaruh kapur barus langsung pada makanan mereka atau di area yang sering mereka kunjungi. Bau kapur barus yang kuat akan mengusir tikus dan menjauhkan mereka.

19. Beri Kulit Petai atau Jengkol untuk mengusir tikus

Kulit petai atau jengkol dapat digunakan untuk mengusir tikus. Hal ini karena kulit petai atau jengkol mengandung zat yang beracun bagi tikus. Ketika kulit petai atau jengkol diletakkan di daerah yang terdapat tikus, maka tikus akan menghindari daerah tersebut.

20. Beri Pemutih Pakaian atau Kaporit untuk mengusir tikus

Salah satu cara untuk mengusir tikus adalah dengan mengoleskan pemutih pakaian atau klorin ke area di mana kamu pikir mereka mungkin memasuki rumah. Kamu juga bisa mencoba menggunakan perangkap tikus yang diberi umpan makanan untuk menangkap mereka.

21. Segera Bersihkan Sisa Makanan untuk mengusir tikus

Kamu harus segera membersihkan sisa makanan untuk mengusir tikus. Tikus tertarik pada makanan, jadi jika ada makanan yang tersisa, mereka akan lebih mungkin masuk ke rumah. Dengan segera membersihkannya, kamu bisa mencegah mereka masuk ke dalam rumah.

22. Manfaatkan kantong teh bekas untuk mengusir tikus

Kamu bisa mencoba menggunakan kantong teh celup bekas untuk mengusir tikus. Cukup letakkan kantung teh di area di mana kamu melihat tikus. Aroma teh akan membantu menyingkirkan tikus dari rumah kamu.

23. Menggunakan Injuk untuk mengusir tikus

Injuk dapat digunakan untuk mengusir tikus dengan menciptakan penghalang yang tidak dapat dilewati tikus. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan injuk di sekeliling ruangan atau area di mana tikus menjadi masalah.

24. Menggunakan racun tikus untuk mengusir tikus

Racun tikus adalah metode umum yang digunakan untuk mengusir tikus. Racun ini biasanya ditempatkan di area yang sering dikunjungi tikus, seperti di loteng atau ruang bawah tanah. Ketika tikus menelan racun, ia akan mati dalam beberapa hari.

25. Bubuk coklat dan gypsum untuk mengusir tikus

Jika Anda mencari cara alami untuk mengusir tikus, cobalah menggunakan campuran bubuk cokelat dan gipsum. Aroma cokelat yang kuat akan menghalangi tikus memasuki rumah, dan gipsum akan membantu mengusir mereka lebih jauh lagi.

26. Bawang putih untuk mengusir tikus

Bawang putih adalah cara yang bagus untuk mengusir tikus! Cukup letakkan siung bawang putih di sekitar rumah, dan tikus-tikus akan menjauh.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis