11 Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah dengan Mudah

Pekarangan rumah bisa menjadi salah satu hal yang penting, karena pekarangan rumah dapat dilihat oleh orang lain dari luar. Pada artikel akan menjelaskan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah.

Manfaat Membersihkan Pekarangan Rumah

Ada banyak manfaat untuk membersihkan halaman. Pekarangan yang bersih membuat rumah kamu terlihat lebih menyenangkan, nyaman dan hangat. Kebersihak rumah juga dapat meningkatkan nilai properti kamu.

Selain itu, hal ini dapat membantu mencegah hama dan penyakit yang ada di halaman, dan dapat membuat ruang luar kamu lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Akhirnya, pemeliharaan halaman secara teratur dapat membantu memperpanjang umur fitur lansekap dan meningkatkan kesehatan tanaman kamu secara keseluruhan.

Peralatan untuk Membersihkan Pekarangan Rumah

Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membersihkan halaman. Beberapa alat umum termasuk diantaranya sapu, penggaruk, sekop, dan mesin pemotong rumput.

Penggaruk dapat digunakan untuk mengumpulkan daun-daun dan kotoran lainnya. Sekop dapat digunakan untuk menggali gulma. Mesin pemotong rumput dapat digunakan untuk memangkas rumput.

Bagaimana Cara Membersihkan Pekarangan Rumah

Berikut adalah cara membersihkan perkarangan rumah kamu agar lebih nyaman, antara lain:

  1. Bersihkan daun dan puing-puing yang ada di perkarangan secara teratur. Hal ini akan membantu mencegah halaman kamu terlihat berantakan dan kotor. Hal ini juga akan mengurangi kemungkinan tersandung atau terpeleset.
  2. Potong rumput secara teratur. Hal ini tidak hanya akan membuat halaman kamu terlihat lebih rapi, tetapi juga akan membantu mencegah hambatan pertumbuhan tanaman yang berada di perkarangan.
  3. Cabut gulma yang muncul. Sama seperti rumput, gulma bisa tidak sedap dipandang, menyebabkan perkarangan berantakan dan juga bisa menyebar dengan cepat jika dibiarkan begitu saja.
  4. Pangkas semak-semak sesuai kebutuhan. Tanaman yang tumbuh terlalu banyak dapat membuat halaman terlihat tidak terawat dan juga dapat menghalangi pandangan. Pangkas ranting dan tanaman yang terlalu tinggi.
  5. Pastikan untuk segera mengambil kotoran hewan peliharaan, apabila peliharaan buang air untuk menjaga halaman kamu terlihat baik.

11 Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah Dengan Mudah

Berikut ini beberapa saran untuk menjaga kebersihan halaman rumah kamu, antara lain:

1. Rutin Memangkas Rumput

Jaga agar rumput tetap terpangkas dan rapi. Hal ini akan membantu mencegah hama rumput dan juga membuat halaman terlihat lebih rapi.

2. Membersihkan Daun dan Ranting yang Telah Mati

Singkirkan daun-daun atau cabang-cabang yang mati dari halaman kamu. Hal ini akan membantu menjaga halaman kamu terlihat rapi dan juga mencegah hama untuk tinggal.

3. Berihkan Sampah dan Puing yang Terbang Terbawa Angin

Ambil sampah, daun atau puing-puing yang mungkin tertiup angin ke halaman kamu. Ini akan membantu menjaga pekarangan rumah kamu terlihat bersih.

4. Rutin Memupuk dan Menyiram Tanaman

Pastikan untuk memupuk dan menyirami tanaman kamu secara teratur. Ini akan membantu mereka tetap sehat dan terlihat terbaik.

5. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Tidak membuang sampah sembarangan, biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya walau pun ukurannya kecil. Karena lama-kelamaan sampah dengan ukuran kecil apabila banyak maka akan membuat pekarangan tampak berantakan.

6. Rutin Membersihkan Selokan

Apabila disekitar rumah terdapat selokan maka bersihkan secara rutin. Karena selokan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau apabila tidak dibersihkan.

7. Memisahkan Jenis Sampah

Memisahkan jenis sampah adalah langkah selanjutnya untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah.

8. Menyapu Pekarangan

Menyapu pekarangan rumah, apabila sudah banyak sampah yang berkumpul atau secara rutin agar kebersihan tetap terjaga.

9. Rutin Merapikan Pot Tanaman

Merapikan pot tanaman hias dapat membuat pekarangan terlihat rapih.

10. Membersihkan Peralatan Berkebun

Selalu membersihkan alat-alat berkebun apabila telah dipakai untuk membersihkan pekarangan rumah, hal ini tentunya dimaksudkan untuk menjaga peralatan agar tetap prima.

11. Menambahkan Mulsa Pada Tanaman

Terakhir, cara menjaga kebersihan pekarangan rumah adalah mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa mulsa ke tempat pot bunga kamu. Ini akan membantu mencegah gulma tumbuh dan juga memberi halaman kamu terlihat bagus.

Baca Juga: Tips Rumah Lainnya dari Gebyar Properti Disini!

7 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Pekarangan Rumah

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Untuk memberikan pekarangan kamu tampilan yang menarik kamu bisa menambahkan beberapa tanaman hias. Berikut adalah beberapa tanaman hias terbaik yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah kamu, antara lain:

1. Semua Jenis Bunga

Tanaman hias yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah bunga. Tanaman bunga dapat memberikan sentuhan cantik pada pekarangan rumah kamu dan juga memberikan kesan indah kepada siapa pun yang melihatnya.

Selain itu, bunga segar juga dapat meningkatkan energi positif di sekitar kamu. Bunga sangat cocok untuk mereka yang ingin menghias pekarangan dengan suasana yang penuh semangat.

2. Bambu

Tanaman hias lainnya yang cocok untuk pekarangan rumah adalah pohon bambu. Bambu dapat memberi tampilan alami dan menenangkan pada pekarangan rumah kamu serta dapat menjadi tempat favorit untuk beristirahat di sore hari.

Pohon bambu akan tumbuh baik di tempat dengan cahaya matahari langsung mau pun di dalam ruangan yang kekurangan sinar matahari.

3. Monstera

Jika mencari cara untuk menghias halaman kamu yang unik dan bergaya, pertimbangkan untuk menambahkan tanaman Monstera.

Tanaman tropis ini dikenal dengan daunnya yang besar dan mengkilap. Tanaman ini juga mudah dirawat, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman berkebun.

4. Pohon Palem 

Salah satu pohon yang paling populer digunakan untuk pekarangan adalah pohon palem. Pohon palem sangat cocok untuk menciptakan suasana tropis dan dapat membuat halaman apa pun terasa nyaman.

Ada banyak jenis pohon palem yang bisa dipilih, sehingga kamu bisa menemukan dan menyesuaikan jenis yang sempurna sesuai dengan gaya kamu.

5. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias umum yang dapat digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah. Tanaman ini mudah dirawat dan dapat mentolerir berbagai kondisi cuaca.

Lidah mertua dapat digunakan sebagai tanaman aksen atau ditanam secara massal untuk tampilan yang lebih ciamik.

6. Pohon Buah untuk Menghias Pekarangan Rumah

Pohon buah adalah cara yang bagus untuk menghias halaman rumah dan menambahkan beberapa buah segar untuk kamu makan.

Ada banyak jenis pohon buah yang bisa dipilih, sehingga kamu bisa menemukan pohon buah yang cocok dengan tanaman lain di halaman kamu.

Anda juga dapat memilih pohon buah yang akan menghasilkan buah yang kamu dan keluarga bisa nikmati dikemudian hari.

7. Tanaman Obat untuk Menghias Pekarangan Rumah

Ada banyak alasan untuk mempertimbangkan menambahkan tanaman obat ke halaman rumah kamu. Tidak hanya menambah keindahan, tetapi mereka juga dapat memberi kamu sumber obat alami.

Berikut adalah 5 tanaman obat untuk menghiasi halaman rumah kamu, antara lain:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang dikenal karena khasiat penyembuhannya. Gel dari daunnya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, luka sayat, dan kondisi kulit lainnya.

2. Basil

Basil adalah ramuan aromatik yang memiliki sejarah panjang penggunaan dalam pengobatan herbal. Diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antispasmodik.

3. Chamomile

Chamomile adalah ramuan lembut yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menenangkan saraf dan meredakan sakit perut. Chamomile juga diaplikasikan untuk mengobati kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

4. Lavender

Lavender adalah ramuan populer yang dikenal karena efeknya yang menenangkan. Ini dapat digunakan untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Bunga-bunganya juga dapat digunakan untuk membuat tambahan yang cantik untuk halaman atau taman apa pun.

5. Lemon balm

Lemon balm adalah tanaman obat yang termasuk ke dalam keluarga mint. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Daunnya memiliki aroma seperti lemon dan dapat digunakan untuk membumbui makanan dan sebagai obat herbal.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis