17 Cara Mengusir Tikus dari Rumah, Ampuh!

17 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Mudah

Cara mengusir tikus dari rumah memang menjadi sebuah PR tersendiri. Harus diakui, jika tikus merupakan salah satu musuh terbesar manusia. Kehadiran tikus nyatanya memberikan kerugian untuk setiap orang.

Hewan pengerat yang satu ini bukan hanya kotor, tetapi juga menjadi sumber penyakit. Kecerdikan tikus saat mengelabui perangkap membuat ia terus menerus berkeliaran di sekitar rumah, dan akhirnya membuat orang mencari jalan agar bisa mengusir hewan ini.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Sebenarnya, mengusir tikus dari rumah bukan menjadi hal yang sulit. Anda bahkan dapat menggunakan bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut beberapa langkah mengusir tikus dari rumah, antara lain:

1. Lada Bubuk

Lada Bubuk

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah lada bubuk. Lada bubuk memiliki aroma yang sangat pedas sehingga bisa membuat tikus kabur dalam waktu yang cepat.

Untuk mengaplikasikan lada bubuk sebagai pengusir tikus, Anda dapat menaburkan lada bubuk di setiap sudut rumah, sehingga saat tikus menciumnya, tikus akan segera pergi.

2. Daun Salam

Daun Salam

Selain lada bubuk, cara mengusir tikus dari rumah secara alami yang lainnya adalah menggunakan daun salam. Anda hanya harus menyebar daun salam di semua area yang sering dilewati tikus.

Saat tikus memakan daun salam, tikus bisa langsung mati. Oleh sebab itu, sebarkan daun salam di berbagai sudut ruangan.

3. Kulit Durian

Kulit Durian

Nyatanya, kulit durian bukan hanya sebagai limbah sisa setelah kita memakan dagingnya. Kulit durian dapat digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu meletakkan kulit durian di lokasi yang dilewati tikus.

Mengapa kulit durian dapat mengusir tikus? Hal ini disebabkan karena tikus membenci aroma menyengat yang dimiliki oleh kulit durian.

4. Kantung Teh Bekas

Kantung Teh Bekas

Cara mengusir tikus yang merajalela lainnya adalah menggunakan kantong teh bekas. Anda dapat menaruh kantong teh pada sudut yang dilewati tikus.

Tetapi, kantong teh bekas lah yang dapat bekerja dengan efektif untuk mengusir hama ini. Hal ini disebabkan karena kandungan peppermint yang berada di dalam kantong teh akan membuat penciuman tikus terganggu.

5. Daun Sirsak

Daun Sirsak

Pilihan lainnya adalah menggunakan daun sirsak. Mengapa daun sirsak dapat mengusir tikus? Hal ini disebabkan karena daun sirsak memiliki zat perangsang yang bisa mengeluarkan bau.

Bau inilah yang sangat dihindari tikus. Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat membuat sobekan dari daun sirsak serta merubahnya menjadi potongan kecil sebelum menaruhnya di ruangan dilewati tikus.

6. Baking Soda

Baking Soda

Siapa yang menyangka, ternyata baking soda dapat membuat tikus langsung pergi, bahkan mati. Sebelum mengaplikasikannya, Anda harus mencampurkan bubuk baking soda ke makanan yang disuka tikus.

Nantinya, campuran baking soda ini akan bereaksi dalam perutnya. Tikus tidak dapat mengeluarkan gas di dalam tubuhnya, ia akan pergi ke tempat terbuka, dan akhirnya mati karena menahan gas.

7. Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Bukan hanya menjadi teman sarapan saat pagi hari. Nyatanya kopi juga dapat digunakan sebagai cara mengusir tikus dari rumah. Mengapa bisa demikian?

Kopi akan menyamarkan indera penciuman tikus karena bau menyengat yang dimilikinya. Akhirnya, tikus akan menghindari daerah yang sudah diberi bubuk kopi. Tetapi, pastikan jika bubuk kopi yang Anda taburkan merupakan bubuk kopi hitam.

8. Steel Wool

Steel Wool

Saat tikus menjelajahi rumah, Anda dapat menggunakan steel wool untuk mengusir tikus. Steel wool pada dasarnya merupakan besi yang berbentuk lilitan dan sering digunakan untuk mencuci piring seperti spons.

Ketika melakukan pemasangan steel wool, material ini akan menghambat tikus saat melewati dinding rumah.

9. Daun Mint

Daun Mint

Cara mengusir tikus dari rumah yang lainnya adalah menggunakan daun mint. Untuk dapat mengaplikasikannya sebagai pengusir tikus, Anda dapat menghancurkan daun mint serta tambahkan campuran air.

Masukkan campuran air dan daun mint ke botol semprotan, kemudian semprotkan air campuran daun mint di area yang sering dilewati oleh tikus.

10. Cengkeh

Cengkeh

Ketika menyebut cengkeh dapat mengusir tikus dari rumah, mungkin Anda akan sedikit bingung. Bagaimana mungkin cengkeh yang memiliki bau harum dapat mengusir tikus.

Cengkeh bisa digunakan untuk mengusir tikus, hal ini disebabkan karena bau harum yang dikeluarkan oleh cengkeh tidak disukai tikus. Namun, cengkeh yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah cengkeh yang sudah kering.

Anda juga dapat menggunakan cengkeh yang telah dilapisi dengan bungkusan kain kasa agar dapat mengusir tikus.

11. Cuka

cuka

Biasanya, cuka digunakan sebagai teman makan bakso. Namun ternyata, cuka juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai pengusir tikus.

Bila ingin menggunakan cuka, Anda harus menyiapkan bola kapas dan lumuri menggunakan cuka. Taruh bola kapas yang sudah tercampur cuka di sarang tikus.

12. Kulit Jengkol

kulit jengkol

Tidak hanya manusia yang kurang menyukai aroma jengkol, nyatanya tikus juga merasakan hal tersebut. Aroma yang keluar dari jengkol bisa membuat tikus kabur serta tidak ingin mendekat.

Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat menghancurkan kulit jengkol. Agar kulit jengkol bisa halus, hancurkan dengan menggunakan blender. Kemudian, buat menjadi cairan dan masukkan di wadah semprotan.

Semprotkan cairan kulit jengkol ini ke beberapa area yang sering dilalui tikus, seperti di sudut ruangan atau di pojokan ruangan.

13. Kulit Telur

kulit telur

Ketika ingin menggoreng telur, hindari membuang kulitnya begitu saja. kulit telur ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat mengeringkan kulit telur terlebih dulu.

Kemudian, hancurkan kulit telur dengan cara menumbuknya. Anda hanya perlu menaburkan tumbukan ini ke setiap sudut rumah.

14. Bawang Putih

bawang putih

Bumbu dapur nyatanya juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya membutuhkan kain kasa da nisi dengan bawang putih. Sesudah dibungkus, letakkan bungkusan ini ke daerah yang sering dilewati tikus.

15. Kamper

kamper

Bola-bola kecil kamper yang berada di rumah dapat digunakan untuk mengusir tikus dengan alami. Untuk mengusir tikus di rumah dengan menggunakan kamper, Anda hanya perlu menyebar beberapa butir kamper ke sudut rumah.

Namun, salah satu hal yang harus Anda ingat adalah, hindari menempatkan kamper di lokasi yang dekat dengan makanan.

16. Es Kering

es kering

Dry ice atau es kering juga dapat digunakan untuk mengusir hama tikus dari rumah. Es kering ampuh karena adanya karbondioksida yang dihasilkannya. Karbondioksida ini bisa membius serta membunuh tikus.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, letakkan es kering di area masuk tikus. Selain itu jangan lupa gunakan sarung tangan, sehingga es tidak merusak kulit.

17. Bawang Bombay

bawang bombay

Ada berbagai macam jenis bawang yang dapat digunakan sebagai pengusir tikus, salah satunya adalah bawang Bombay. Aroma bawang Bombay yang menyengat tidak disukai tikus.

Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu mengiris kemudian meletakkannya di sekitar sarang tikus. Kemudian, ganti bawangnya saat sudah busuk.

Cara mengusir tikus dari rumah di atas bukan hanya mudah dilakukan, tetapi bahannya juga mudah ditemukan. Jadi, dari berbagai cara di atas, mana yang pertama kali akan Anda praktekkan?

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis