Begini Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Tepat dan Mudah

Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Cara mengurus sertifikat tanah memang terkadang cukup susah bagi beberapa orang. Tapi, mau tidak mau, penting untuk Anda segera mengurusnya karena itu merupakan sebuah bukti atas kepemilikan tanah. Sertifikat tersebut sangat penting untuk memberikan kepastian hukum atas si pemilik aset tersebut.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah
pinterest.com

Simak Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah adalah sebuah surat berupa tanda bukti atas hak tanah, tanah wakaf, hak milik atas suatu rumah susun, hak pengelolaan, maupun hak tanggungan yang masing-masing telah dibukukan dalam buku tanah yang bersangkutan.

Sertifikat tersebut dikeluarkan negara dengan melalui BPN. Selain itu terdapat tata cara untuk dapat mengurus sertifikat tanah secara elektronik, sehingga dapat memudahkan Anda dan orang-orang untuk mengurusnya.

Syarat Mengurus Sertifikat Tanah

Sebelum Anda melanjutkan untuk menyusu sertifikat tanah, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi segala persyaratannya terlebih dahulu.

  • Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan
  • Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan
  • Identitas diri yang berupa KTP dan KK
  • SPPT PBB
  • Surat Pernyatan Kepemilikan Lahan

Sedangkan jika Anda ingin membuat sertifikat tanah berupa tanah warisan ataupun tanah yang belum mempunyai sertifikat, berikut syarat yang harus dilengkapi.

  • Akta jual beli tanah
  • Fotokopi KK dan KTP
  • Fotokopi girik kepunyaan
  • Beberapa dokumen yang berasal dari kelurahan maupun desa, misalnya Surat Keterangan Riwayat Tanah, Surat Keterangan Tidak Sengketa, serta SK Tanah secara Sporadik.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah

  1. Kunjungi Kantor BPN

Lokasi kantor harus menyesuaikan wilayah lokasi dari tanah yang akan Anda urus. Anda bisa datang ke BPN, lalu membeli formulir yang ada di sana. Anda nanti akan mendapatkan map kuning serta biru. Bikin janji pada petugas  melakukan pengukuran tanah.

  1. Penerbitan Sertifikat Tanah Hak Milik

Setelah selesai dalam urusan mengukur tanah, maka Anda bisa mendapatkan surat ukur tanah. Serahkan surat serta beberapa persyaratan yang dibutuhkan pada kantor BPN. Anda tinggal menunggu saja Surat Keputusan tersebut dikeluarkan. Namun, surat tersebut terbit terbilang cukup lama yakni sekitar setengah sampai satu tahun.

Anda dikenai BEA Perolehan Hak Atas Tanah. Sesekali Anda juga perlu untuk mempertanyakan serta mastikan pada petugas apa sertifikat Anda sudah jadi atau belum. Sebenarnya jika Anda tidak ingin mengurus sertifikat tanah itu sendiri, Anda bisa mengurusnya melalui PPAT, tapi biaya yang dikeluarkan berkali-kali lipat lebih mahal.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah atau Girik

Tanah warisan atau orang-orang lebih mengenal sebagai girik adalah suatu aset yang harus dilindungi. Maka dari itu, tanah yang belum bersertifikat, misalnya seperti girik perlu Anda daftarkan pada konversi haknya ke kantor pertanahan terdekat. Tetapi terkadang karena kurangnya informasi, maka masih banyak tanah yang belum ada sertifikat. Jika Anda ingin mengurus girik terdapat dua langkah yang perlu ditempuh sebagai berikut.

  1. Mengurus di Kelurahan Setempat

Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan, sebagai berikut.

  • Surat Keterangan Tidak Sengketa
  • Anda harus memastikan bahwa tanah tersebut bukan tanah sengketa
  • Surat Keterangan Riwayat Tanah
  • Anda harus membuat Surat Keterangan Tanah untuk menerangkan secara tertulis atas riwayat penguasaan tanah dari awal sampai dengan penguasaan yang sekarang
  • Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik
  • Surat Keterangan Penguasaan Tanah Sporadik dengan cantumkan tanggal perolehan serta penguasaan tanah
  1. Mengurus di Kantor Pertanahan

Isinya terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda urus seperti mengajukan permohonan sertifikat, pengukuran, pengesahan, penelitian dan lainnya.

Cara mengurus sertifikat tanah dapat Anda urus sendiri atau memilih menggunakan jasa yang berkualitas dan profesional. Lengkapi beberapa syarat dan ketentuan yang sudah disahkan supaya prosesnya bisa dipercepat.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
error: Content is protected !!

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis