Home » Blog » Cara Menghilangkan Kecoa Di Rumah

Cara Menghilangkan Kecoa Di Rumah

Sudah tidak tahan dengan kecoa di rumah? Tanpa harus menggunakan pestisida, ikuti langkah-langkah efektif kami cara untuk menghilangkan kecoa di rumah Anda selamanya.

Penyebab munculnya kecoa di rumah

1. Kondisi lingkungan yang kondusif

Kondisi lingkungan yang kondusif adalah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan hidup kecoa. Beberapa kondisi yang dapat membuat lingkungan kondusif bagi kecoa antara lain:

  • Kelembaban yang tinggi: Kelembaban tinggi membuat lingkungan kondusif bagi kecoa untuk berkembang biak, karena mereka dapat membuat sarang di tempat yang lembab.
  • Suhu yang hangat: Keberadaan suhu hangat dapat membuat lingkungan yang sesuai bagi kecoa untuk berkembang biak dan hidup dengan baik.
  • Sumber makanan yang mudah diakses: Keberadaan sumber makanan yang mudah diakses, seperti sisa makanan atau sampah, akan menarik kecoa untuk datang ke lingkungan tersebut.
  • Keberadaan sampah yang tidak terurus: Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menjadi sumber makanan bagi kecoa dan juga dapat menjadi tempat yang sesuai bagi kecoa untuk berkembang biak.

2. Sumber makanan yang mudah diakses

Sumber makanan yang mudah diakses adalah sumber makanan yang dapat dengan mudah diakses oleh kecoa dan menarik mereka untuk datang ke lingkungan tersebut. Beberapa contoh sumber makanan yang mudah diakses oleh kecoa antara lain:

  • Sisa makanan: Sisa makanan yang tidak dikemas dengan baik atau dibiarkan terbuka dapat menjadi sumber makanan yang mudah diakses bagi kecoa.
  • Sampah: Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menjadi sumber makanan bagi kecoa, seperti kulit buah-buahan atau daging yang sudah busuk.
  • Makanan yang dibiarkan terbuka: Makanan yang dibiarkan terbuka, seperti roti atau biskuit, dapat menjadi sumber makanan yang mudah diakses bagi kecoa.
  • Makanan yang disimpan di dapur: Makanan yang disimpan di dapur, seperti tepung atau gula, dapat menjadi sumber makanan yang mudah diakses bagi kecoa.

Meminimalisir sumber makanan yang mudah diakses sangat penting untuk mengurangi jumlah kecoa di rumah. Sebaiknya menyimpan makanan dalam wadah tertutup, membersihkan sisa makanan dan sampah secara rutin, dan menjaga kebersihan dapur.

3. Keberadaan sampah yang tidak terurus

Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menjadi masalah besar bagi keberlangsungan hidup kecoa di rumah. Beberapa cara sampah yang tidak terurus dapat membuat lingkungan kondusif bagi kecoa antara lain:

  • Menjadi sumber makanan: Sampah yang tidak terurus dapat menjadi sumber makanan bagi kecoa, seperti kulit buah-buahan atau daging yang sudah busuk.
  • Menyediakan tempat berkembang biak: Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menjadi tempat yang sesuai bagi kecoa untuk berkembang biak, seperti dalam kantong sampah atau tempat sampah yang tidak tertutup dengan baik.
  • Menyebar bau tidak sedap: Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menyebar bau tidak sedap yang dapat menarik kecoa untuk datang ke lingkungan tersebut.
  • Menjadi sumber penyakit: Keberadaan sampah yang tidak terurus dapat menyebar penyakit, seperti salmonella atau E. coli, yang dapat menyebar kepada manusia maupun binatang.

Mengurangi sampah yang tidak terurus dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik sangat penting untuk mengurangi jumlah kecoa di rumah. Sebaiknya mengelola sampah dengan cara mengatur jadwal pembuangan sampah secara rutin dan menyimpan sampah dalam wadah tertutup.

Cara menghilangkan kecoa di rumah

A. Membersihkan lingkungan

1. Menjaga kebersihan rumah

Menjaga kebersihan rumah adalah salah satu cara penting untuk menghilangkan kecoa di rumah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah antara lain:

  • Membersihkan sisa makanan: Membersihkan sisa makanan segera setelah makan dan menyimpan makanan dalam wadah tertutup untuk mencegah kecoa mengakses makanan.
  • Membersihkan dapur: Membersihkan dapur secara rutin, termasuk menyapu lantai, membersihkan meja dan peralatan masak, dan mencuci piring setelah digunakan.
  • Menjaga kebersihan lantai: Menyapu lantai dan mengepel lantai secara rutin untuk menghilangkan debu dan sisa makanan yang dapat menarik kecoa.
  • Membersihkan kamar mandi: Membersihkan kamar mandi secara rutin, termasuk mengepel lantai, membersihkan keran, dan mencuci wastafel.
  • Menyimpan sampah: Menyimpan sampah dalam wadah tertutup dan mengeluarkan sampah secara rutin untuk mencegah kecoa mengakses sampah.
  • Menjaga kebersihan kamar tidur: Menyapu kamar tidur dan mengepel lantai secara rutin, serta menjaga kebersihan kamar mandi, termasuk mencuci selimut dan bantal secara teratur.

Menjaga kebersihan rumah secara konsisten dapat membantu mengurangi jumlah kecoa di rumah dan mencegah munculnya kecoa di masa yang akan datang.

2. Menutup semua celah yang mungkin digunakan kecoa untuk masuk

Menutup semua celah yang mungkin digunakan kecoa untuk masuk adalah cara penting untuk mencegah kecoa masuk ke dalam rumah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menutup celah-celah tersebut antara lain:

  • Memeriksa jendela dan pintu: Memeriksa jendela dan pintu untuk menemukan celah atau kerusakan yang dapat digunakan kecoa untuk masuk. Jika terdapat celah, segera menutup dengan kain atau kertas untuk mencegah kecoa masuk.
  • Menutup celah pada dinding: Menemukan dan menutup celah pada dinding, seperti celah pada tembok, pipa, atau listrik, untuk mencegah kecoa masuk melalui celah tersebut.
  • Menutup celah di lantai: Menemukan dan menutup celah di lantai, seperti celah pada lantai kayu atau plafon, untuk mencegah kecoa masuk melalui celah tersebut.
  • Menutup celah pada ventilasi: Menemukan dan menutup celah pada ventilasi, seperti celah pada kipas angin atau saluran udara, untuk mencegah kecoa masuk melalui celah tersebut.
  • Memasang alat pengusir: Memasang alat pengusir, seperti jaring pengusir kecoa atau pengusir suara, di celah-celah yang sulit ditutup untuk mencegah kecoa masuk.

Menutup semua celah yang mungkin digunakan kecoa untuk masuk sangat penting untuk mencegah kecoa masuk ke dalam rumah dan mengurangi jumlah kecoa di dalam rumah.

3. Menjauhkan sumber makanan dari kecoa

Menjauhkan sumber makanan dari kecoa adalah cara penting untuk mencegah kecoa datang ke rumah dan mengurangi jumlah kecoa di dalam rumah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjauhkan sumber makanan dari kecoa antara lain:

  • Menyimpan makanan dalam wadah tertutup: Menyimpan makanan dalam wadah tertutup, seperti kaleng atau wadah kedap udara, untuk mencegah kecoa mengakses makanan.
  • Membersihkan sisa makanan: Membersihkan sisa makanan segera setelah makan dan menjaga kebersihan dapur untuk mencegah kecoa mengakses makanan.
  • Menjauhkan makanan dari tempat tidur: Menjauhkan makanan dari tempat tidur, seperti roti atau buah, untuk mencegah kecoa mengakses makanan di tempat tidur.
  • Menjauhkan makanan dari kamar mandi: Menjauhkan makanan dari kamar mandi, seperti roti atau buah, untuk mencegah kecoa mengakses makanan di kamar mandi.
  • Menjauhkan makanan dari lingkungan luar: Menjauhkan makanan dari lingkungan luar, seperti membuang sampah dengan benar dan menjauhkan makanan dari jendela atau pintu, untuk mencegah kecoa mengakses makanan di luar rumah.

Menjauhkan sumber makanan dari kecoa sangat penting untuk mencegah kecoa datang ke rumah dan mengurangi jumlah kecoa di dalam rumah. Dengan mengurangi sumber makanan yang tersedia, kecoa akan kesulitan untuk hidup dan akhirnya akan meninggalkan rumah.

Gebyar Property merupakan agen properti terpercaya, telah membantu puluhan konsumen mendapatkan rumah yang tepat. Berminat dengan project yang kami pasarkan? Silahkan klik link disini! Atau Whatsapp kami disini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis