Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas, Mana yang Lebih Untung?

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah, mungkin Anda akan menemukan bahwa ada dua pilihan utama: beli rumah baru atau beli rumah bekas.

Ada keuntungan dan kerugian dari kedua pilihan ini, dan artikel ini akan membahas perbedaan antara keduanya dan memberikan beberapa tips sederhana untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Keuntungan dan Kerugian Beli Rumah Baru

Beli rumah baru memiliki keuntungan seperti garansi dari pengembang, perawatan yang lebih mudah karena tidak perlu renovasi, dan desain yang sesuai dengan selera Anda. Namun, rumah baru juga biasanya lebih mahal dibandingkan dengan rumah bekas.

Keuntungan dan Kerugian Beli Rumah Bekas

Beli rumah bekas memiliki keuntungan seperti harga yang lebih murah, lingkungan yang sudah terbentuk, dan lokasi yang sudah teruji. Namun, rumah bekas juga memiliki risiko seperti perlu renovasi, kemungkinan kerusakan yang tidak terlihat, dan perlu inspeksi yang lebih detail.

Tips Proses Pembelian Rumah

Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas, Mana yang Lebih Untung?

Untuk membantu Anda dalam proses pembelian rumah, lakukan 5 langkah berikut ini:

1. Nabung, nabung, dan nabung lagi

Anda sudah sangat ahli dalam mengatur keuangan, sudah pasti! Namun, ada beberapa hal penting yang harus diingat dalam mengatur uang Anda.

Selain membayar uang muka, pastikan Anda juga memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi biaya tak terduga seperti kenaikan suku bunga atau peningkatan cicilan. Ingat untuk tidak mengalokasikan lebih dari 30% pendapatan Anda untuk biaya rumah.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan apakah harga yang ditanyakan sudah termasuk pajak, agar Anda tidak terkejut saat harus membayarnya. Selalu jaga keuangan Anda dengan baik, agar Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dengan lancar.

Ingat, ketika kita memiliki tabungan yang cukup, kita akan merasa lebih tenang dan dapat membuat pilihan yang tepat ketika membeli rumah impian kita.

2. Bersiaplah untuk inspeksi dan beri rating untuk setiap properti yang dilihat

Dalam proses mencari rumah, inspeksi merupakan salah satu tahap penting yang harus dilakukan. Namun, dengan banyaknya properti yang dilihat, mungkin Anda akan kesulitan untuk mengingat setiap detail dari masing-masing rumah.

Untuk membantu Anda, bawalah kamera digital saat melakukan inspeksi dan buat catatan tentang setiap properti yang dilihat.

Memberi rating dengan skala 1 sampai 10 dan memperhitungkan faktor seperti lokasi, budget, dan kebutuhan renovasi atau perbaikan akan memudahkan Anda untuk mengingat properti mana yang pantas masuk dalam pertimbangan.

Setelah inspeksi, jangan lupa untuk memeriksa status legal dari rumah dan tanyakan tentang sertifikat rumah atau izin mendirikan bangunan untuk menghindari penipuan yang sering terjadi di Indonesia.

Inspeksi yang cermat akan membuat Anda merasa lebih yakin dan pasti dalam membuat keputusan akhir untuk membeli rumah idaman Anda.

3. Dapatkan persetujuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Sudahkah Anda siap untuk mengambil langkah serius dalam membeli rumah? Salah satu cara untuk membuat proses ini lebih mudah adalah dengan mendapatkan persetujuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Hal ini akan menunjukkan kepada agen real estate dan vendor bahwa Anda serius dalam membeli rumah dan bersedia untuk membayarnya.

Selain itu, mendapatkan persetujuan KPR juga akan memberikan Anda kekuatan dalam bernegosiasi harga. Hal ini akan mencegah gagalnya persetujuan karena alasan finansial ketika Anda sudah mulai bernegosiasi atas properti.

Ingatlah bahwa memiliki persetujuan KPR akan memberikan Anda lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam proses pembelian rumah.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan limit finansial Anda dan jangan terlalu terjebak dalam impian untuk memiliki rumah yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

4. Bayar lebih untuk opini pakar dan memeriksa keabsahan surat-surat rumah

Membeli rumah adalah salah satu pengeluaran terbesar dalam hidup seseorang, dan tentu saja Anda ingin memastikan bahwa uang yang dikeluarkan itu digunakan dengan bijak.

Namun, ketika kondisi keuangan mepet, Anda mungkin tergoda untuk mengabaikan beberapa tahap yang dianggap tidak penting. Seperti membayar jasa pengacara untuk memeriksa keabsahan surat-surat rumah.

Meskipun Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli properti idaman Anda, membayar jasa pengacara merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Hal ini akan menghemat waktu dan uang Anda di masa depan, dan akan menyelamatkan Anda dari penipuan sertifikat ganda.

Ingatlah bahwa mengambil jasa pengacara akan memberikan perlindungan hukum yang dibutuhkan dalam proses pembelian rumah, dan akan membuat Anda merasa lebih aman dan yakin dalam proses pembelian rumah yang Anda impikan.

5. Pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan berdasarkan analisis

Membeli rumah merupakan keputusan yang penting dan merupakan pengeluaran yang besar. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan dan jangan langsung memutuskan untuk mengambil properti yang pertama Anda lihat.

Sebaiknya, tinjau dulu pilihan yang ada di pasar sekitar lokasi yang Anda inginkan, bahkan jika itu hanya melakukan pencarian online sederhana.

Dengan melakukan ini, Anda akan memastikan bahwa Anda mendapatkan harga terbaik dan membuat keputusan yang tepat.

Satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengecek listing di Lamudi. Di sana Anda dapat menemukan informasi tentang pilihan properti yang ada di lokasi yang Anda inginkan.

Pastikan untuk mengecek properti yang dijual dengan harga yang sama dengan yang Anda inginkan dan lokasi yang sama.

Melakukan research akan membuat Anda lebih memahami pasar properti lokal dan membuat keputusan yang lebih informatif.

Baca Juga: Tips Mencari Properti Surabaya

Kesimpulan Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas

Kesimpulan dari pembelian rumah baru atau rumah bekas sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing individu.

Pembelian rumah baru memiliki keuntungan seperti garansi dari pengembang, desain yang lebih modern, dan kondisi yang lebih baik. Namun, pembelian rumah bekas dapat memberikan harga yang lebih murah dan lokasi yang lebih baik.

Jika Anda menginginkan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda dan tidak ingin melakukan perbaikan, maka pembelian rumah baru mungkin lebih sesuai.

Namun, jika Anda menginginkan harga yang lebih murah dan fleksibilitas dalam desain dan perbaikan, maka pembelian rumah bekas mungkin lebih cocok untuk Anda.

Saran yang dapat diberikan adalah sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan untuk melakukan riset pasar dan melakukan inspeksi yang cermat dan melakukan perbandingan harga.

Rekomendasi Perumahan Alana Regency Tambak Oso

Jika Anda sedang mencari perumahan di daerah Sidoarjo, Alana Regency Tambak Oso adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Perumahan ini memiliki berbagai fasilitas lengkap yang bisa menunjang kenyamanan Anda, seperti aula serbaguna, kolam renang, lapangan basket, lapangan futsal, kids playground, dan mushola tempat ibadah.

Keamanan di dalam kompleks hunian juga terjaga dengan baik berkat adanya sistem penjagaan 24 jam nonstop dengan one gate system. Jalan yang memisahkan setiap rumah di dalam perumahan pun cukup lebar, sehingga privasi antar keluarga bisa terjaga dengan baik.

Salah satu keuntungan lain dari Alana Regency Tambak Oso adalah lokasinya yang sangat strategis. Perumahan ini hanya berjarak 300 meter dari pintu Tol Outer East Ring Road (OERR) Surabaya dan 9 menit dari Bandara Internasional Juanda.

Selain itu, harga KPR di perumahan ini mulai dari 500 jutaan dengan angsuran DP yang terjangkau hanya 3 jutaan. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari hunian baru, Alana Regency Tambak Oso bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Ditambah lagi, saat ini terdapat berbagai promo menarik seperti DP 0%, free biaya all in plus SHM, spesial promo diskon DP, dan bonus lainnya yang bisa menjadi nilai tambah bagi Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis