5 Cara Memilih Rumah Kontrakan Supaya Tidak Rugi

Temukan cara terbaik untuk memilih rumah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Baca tips dan trik dalam artikel ini.

Anda pasangan muda yang baru menikah belum siap memiliki rumah sendiri, sedang kuliah di luar kota, atau rumah sedang di renovasi sehingga harus mencari hunian sementara alias mengontrak?

Sama halnya membuat pertimbangan matang saat membeli rumah, meskipun mengontrak sebuah hunian dalam jangka waktu tertentu, pastikan Anda tidak memilih secara sembarangan.

Resikonya Anda akan merasa tidak nyaman bahkan harus mengeluarkan budget lebih jika hunian yang Anda pilih kurang tepat.

Daripada merugi, yuk simak beberapa tips yang bisa Anda pertimbangankan dalam memilih rumah kontrakan idaman.

Cara Memilih Rumah Kontrakan

Cara Memilih Rumah Kontrakan

1. Lokasi, Akses, dan Mobilitas

Sudah siap untuk mencari kontrakan? Sebelum Anda mulai mengejar hunian sementara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Salah satu yang paling penting adalah lokasi.

Pertimbangkan akses yang tersedia dan mobilitas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Agar lebih efisien, carilah kontrakan yang berada di dekat pusat kota, pusat perbelanjaan, sekolah anak, dan tempat bekerja. Baca artikel ini untuk tips dan trik lainnya dalam memilih kontrakan yang tepat.

2. Ukuran Sesuai Kebutuhan

Ketika mencari rumah kontrakan, lokasi bukan satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Ukuran hunian juga merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan. Ingatlah untuk memastikan bahwa ukuran properti yang Anda pilih cocok dengan kebutuhan Anda dan nyaman untuk ditinggali. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

Ingatlah bahwa ukuran rumah kontrakan yang lebih besar akan menyebabkan harga sewa yang lebih tinggi. Jadi pastikan untuk menghitung budget Anda dengan benar dan mempertimbangkan biaya sewa yang harus dibayarkan per bulan. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget dengan ukuran yang Anda inginkan.

3. Periksa Keadaan Rumah Dan Lingkungan Sekitar

Seperti saat membeli rumah baru, Anda juga harus memeriksa keadaan rumah sebelum menempati. Mulailah dari pencahayaan, listrik, air, sampai kondisi fisik properti.

Jangan sampai ditemukan banyak kerusakan yang harus diperbaiki selama Anda menempati rumah, karena hal tersebut akan menguras kantong Anda. Ini adalah hal yang dapat Anda negosiasikan dengan pemilik properti.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa lingkungan sekitar rumah kontrakan Anda aman dan nyaman. Ingatlah bahwa hunian idaman tidak hanya tergantung pada rumah itu sendiri. Jadi pastikan untuk mengecek lingkungan sebelum menentukan untuk menempati rumah kontrakan tersebut.

4. Cari Via Situs Sewa Atau Broker Properti Online Terpercaya

Mencari rumah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa menjadi tugas yang melelahkan dan memakan waktu. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini Anda dapat menemukan properti sewa impian Anda dengan mudah dan cepat melalui internet.

Ada berbagai website dan aplikasi yang menyediakan informasi sewa properti lengkap dengan beragam pilihan ukuran, lokasi, dan harga. Jangan lupa untuk cek dan bandingkan beberapa pilihan agar Anda dapat menemukan yang paling cocok dengan budget dan kebutuhan Anda.

5. Legalitas jelas dan bebas dari masalah

Setelah Anda berhasil menemukan rumah kontrakan yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan lupa untuk mengecek legalitas dari properti tersebut dan pastikan bahwa semua dokumen bebas dari masalah yang dapat merugikan Anda sebagai penyewa.

Ingatlah juga untuk membaca dan memahami isi perjanjian kontrak yang akan Anda tandatangani. Jangan terburu-buru dalam menandatangani perjanjian tanpa memahami isinya dengan baik. Ini akan membantu Anda untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Hunian

Rekomendasi Alana Regency Tambak Oso

Alana Regency Tambak Oso merupakan proyek perumahan mewah di Sidoarjo yang memiliki desain modern minimalis dan harga terjangkau. Sistem keamanan 24 jam dan one-gate system memastikan privasi dan keselamatan penghuni selalu terjaga.

Berlokasi secara strategis dekat dengan Surabaya City, tol MERR, dan Bandara Internasional Juanda, menjadikannya opsi yang tepat bagi mereka yang mencari hunian di Sidoarjo dengan akses transportasi yang mudah.

Fasilitas umum yang terdapat di kompleks ini antara lain aula serbaguna, kolam renang, lapangan basket, lapangan futsal, taman bermain, dan masjid. Alana Regency Tambak Oso memiliki berbagai tipe rumah yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga dengan ukuran dan preferensi yang berbeda.

Selain itu, kompleks ini juga menawarkan SHM gratis dan kemudahan biaya lainnya, menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang mencari hunian yang terjangkau di lokasi yang nyaman.

Secara keseluruhan, Alana Regency Tambak Oso direkomendasikan bagi mereka yang mencari lingkungan hidup yang aman dan nyaman dengan fasilitas lengkap dan akses mudah ke berbagai lokasi di Sidoarjo.

Hunian ini juga cocok bagi mereka yang mengutamakan harga yang terjangkau dan aksesibilitas transportasi. Sebagai agen properti, kami sangat merekomendasikan Alana Regency Tambak Oso sebagai pilihan hunian di Sidoarjo.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis