10 Cara Memilih Properti yang Menguntungkan

cara memilih properti yang menguntungkan

Properti merupakan salah satu jalan menuju kebebasan finansial. Menurut Robert Kiyosaki bahwa jalur cepat kaya raya adalah melakukan investasi dalam bidang properti, selain bisnis. Nah, berikut ini cara memilih properti yang menguntungkan untuk kamu jadikan referensi. 

Diantara banyaknya jenis investasi, properti atau tempat tinggal dipandang sebagai salah satu investasi yang terbaik karena mempunyai risiko relatif kecil dengan keuntungan yang besar. Namun, meskipun masuk kategori aman bukan berarti tidak ada risiko sama sekali. 

10 Cara Memilih Properti yang Menguntungkan

Memulai investasi properti memang tidak bisa dikatakan mudah. Ada berbagai aspek yang perlu dilihat apakah investasi properti ini baik, tepat dan menguntungkan atau tidak? Sebab seringkali orang terjebak pada cara memilih properti yang kurang menguntungkan. 

Sebenarnya mengapa harus memilih investasi properti? Alasannya karena investasi properti dikatakan cukup menguntungkan dimasa depan. Artinya, bahwa investasi properti ini bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang untuk mengatasi laju inflasi. 

Berdasarkan riset yang diambil dari sebuah perusahaan terpercaya, bahwa sebesar 80% manusia memilih investasi properti karena alasan emosi dan bukannya atas pikiran yang jernih. Hal ini menyebabkan investasi properti menjadi sia-sia. 

Nah, berikut akan Gebyar Property ulas beberapa hal mengenai bagaimana cara memilih properti yang menguntungkan? 

1. Perhatikan Lokasi

Tips memilih properti yang pertama adalah lokasi. Penting untuk memilih lokasi yang strategis saat akan membeli sebuah properti. Lokasi strategis dapat meningkatkan harga dari properti tersebut jika suatu hari ingin kamu jual. 

Terlepas properti tersebut akan dijadikan sarana investasi atau hunian, dengan memilih lokasi strategis tentu kamu harus menyiapkan budget yang tidak sedikit. Lokasi yang bisa dikategorikan disini adalah lokasi di perkotaan yang selalu ada banyak orang. 

Bisa juga daerah pinggiran kota yang nantinya dalam beberapa tahun kedepan akan semakin berkembang sehingga harga properti yang dulunya murah akan bergerak naik. Selain itu, pastikan kamu memilih properti dengan lokasi yang memberikan akses ke berbagai fasilitas. 

2. Memiliki Fasilitas Lengkap

Cara memilih properti yang menguntungkan dan baik untuk investasi selanjutnya kamu harus cek apakah properti tersebut berada di lingkungan yang memiliki fasilitas lengkap atau hanya sekedar fasilitas. 

Karena adanya fasilitas tidak hanya membantu mempermudah aktivitas sehari-hari, tapi juga membuka peluang bagi pemilik properti untuk mengembangkan bisnis yang lain atau justru melakukan investasi di sektor yang lain. 

Untuk mendapatkan keuntungan investasi properti, pastikan ketersediaan fasilitas internal dan eksternal. Fasilitas internal antara lain tempat ibadah, area bermain, lapangan olahraga dan standar infrastruktur seperti gerbang perumahan. 

Sementara fasilitas eksternal antara lain yang ada di sekeliling perumahan seperti sekolah, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh kamu yang baru memulai investasi properti. 

3. Pilih Developer Terpercaya

Tak kalah penting, cara memilih properti yang menguntungkan untuk masa depan adalah dengan memilih pengembang properti yang terpercaya. 

Sekarang ini kamu bisa mencari situs resmi developer melalui internet. Lihat tampilan webnya, apakah profesional atau tidak. Maka dari itu pilihlah properti dari developer yang memiliki kredibilitas yang meyakinkan dan jelas secara kinerja seperti Gebyar Property. 

Developer properti pasti dapat menghasilkan proyek yang bagus, karena mereka memiliki tim atau sumber daya manusia yang mumpuni sehingga akan meminimalisir kesalahan yang terjadi pada proyek yang dijalankan. 

4. Cek Harga Pasar

Janganlah terburu-buru saat hendak membeli properti, banyak hal yang harus ditinjau ulang sebelum kamu memutuskan untuk membeli properti tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu harga pasar yang sedang berlaku di surabaya. 

Kamu harus sudah mengetahui harga pasaran sebuah rumah yang hendak dibeli. kamu bisa melakukan pengecekan harga pasar melalui online di Gebyar Property atau melakukan riset langsung. Dengan ini, kamu dapat mendapat harga terbaik untuk investasi propertimu. 

5. Lingkungan yang Kondusif

Faktor lingkungan menjadi hal yang tak kalah penting dalam cara memilih properti yang menguntungkan untuk dibeli. Terlebih jika kamu seorang orang tua yang memiliki anak, maka lingkungan menjadi aspek utama yang harus diperhatikan. 

Tentu saja lingkungan yang bersih dan sehat menjadi bagian penentu dari pertumbuhan sang anak. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar yang nyaman seperti kebersihan dan dari segi keamanannya. 

6. Status Kepemilikan

Dalam memilih properti, selalu perhatikan status kepemilikan. Hindarilah lahan yang berbentuk sengketa. Disini kamu bisa meminta bantuan jasa notaris untuk memeriksa properti yang hendak dibeli. Cek juga kelengkapan surat dan kejelasan status kepemilikan.

Jika keduanya sudah lengkap, maka tidak perlu lagi merasa khawatir karena investasi properti kamu legal atau sah. 

7. Cari Persyaratan Pinjaman yang Menguntungkan

Tidak ada salahnya menggunakan pinjaman untuk bisa membeli properti dikala mengalami kekurangan pendanaan, tapi penting untuk kamu mencari dan memilih pinjaman dengan persyaratan yang menguntungkan. 

Nah, cara memilih properti yang menguntungkan dan aman jika menggunakan pinjaman adalah dengan memilih bank atau penyedia pinjaman yang menawarkan suku bunga terbaik sesuai syarat dan ketentuan tanpa memberatkan kondisi keuangan. 

8. Tentukan Metode Pembayaran

Setidaknya ada 3 pilihan metode pembayaran properti yakni kredit, tunai dan tunai bertahap. Ingat, tidak selamanya pembayaran lewat kredit selalu menjanjikan keuntungan yang lebih besar daripada tunai, begitupun sebaliknya. 

Tentukan metode pembayaran mana yang sesuai dengan kemahiran berinvestasi kamu. Sesuaikan Juga metode pembayaran tersebut dengan keadaan dan kondisi, baik dari segi properti maupun pihak-pihak yang terlibat.

9. Jeli Melihat Prospek

Cara memilih properti yang menguntungkan lainnya adalah dengan jeli melihat prospek properti. Banyak produk properti saat ini menawarkan kemudahan produk mana saja yang cocok dengan daerah tertentu. 

Mulai dari perkantoran, kondominium dan retail yang pas untuk dikembangkan di kawasan bisnis. Sampai dengan pertokoan dan Perumahan yang sesuai untuk daerah-daerah yang sedang berkembang pesat. 

Perlu kamu ketahui, tingkat pengembalian jual beli properti paling tinggi adalah apartemen dengan kisaran 8-12%. Untuk produk sewa, tingkat pengembalian yang tertinggi dipegang oleh perkantoran sekitar 7-10% dan pertokoan 5-9%.

10. Pertimbangkan Harga Terbaik

Tips memilih sebuah properti yang terakhir sebelum membeli adalah mempertimbangkan harga terbaik dengan matang. Tentu saja, membeli properti tidak mengeluarkan uang yang sedikit. Sehingga kamu harus bijak dalam mempertimbangkan harganya. 

Apakah properti yang kamu pilih memakai bahan material yang sesuai dengan harga jual atau tidak. Lalu pertimbangan kembali pergerakan harga properti, apakah menguntungkan untuk investasi atau tidak. 

Jika kamu masih bingung menentukan budget untuk membeli properti, kamu bisa meminta bantuan dari profesional seperti agen properti. 

Demikian cara memilih properti yang menguntungkan untuk investasi atau hunian pertama. Jangan lupa, penuhi kebutuhan properti kamu hanya melalui situs agen real estate terpercaya, gebyarproperty.com.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Isi Form Berikut Dapatkan Promo dan Konsultasi Gratis